Manfaat buah rambutan Bagi Manusia

 



manfaat-tumbuhan-bagi-manusia

Berbagai macam bagian tumbuhan seperti akar, daun, batang, buah dan bunga dapat anda manfaatkan contohnya pada bagian :
- Akar
Bagian akar ini dapat anda manfaatkan sebagai bahan obat tradisional ataupun obat herbal, misalnya jahe, kencur, kunyit dan lain sebagainya. Adapun jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan akarnya sebagai bahan pangan antara lain : kentang, ketela, umbi-umbian, wortel dan lain sebagainya.
- Daun
Bagian tumbuhan seperti daun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, misalnya daun pepaya dan dau jambu biji. Adapun manfaat tumbuhan hijau bagi manusia sebagai penghasil oksigen, selain itu udara juga akan semakin bersih dan segar. Manfaat daun lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan antara lain bayam, sawi, kankung, daun singkong dan lain sebagainya, selain itu ada juga jenis daun yang dapat dimanfaatkan sebagai minuman, yaitu daun teh.
- Batang
Manfaat tumbuhan bagi manusia juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan seperti kayu. Kayu ini merupakan batang dari berbagai jenis tumbuhan, seperti pohon jati, pohon mahoni, albasia dan lain sebagainya. Selain itu manfaat lain yang dapat diambil dari batang tumbuhan adalah sebagai furniture rumah seperti meja, kursi lemari dan lain sebagainya.
- Buah
Buah juga merupakan salah satu bagian tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, selain karena kandungan Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti mangga, rambutan, jeruk, pepaya dan lain sebagainya.
- Bunga
Bunga paling banyak digunakan sebagai hiasan rumah, seperti bunga mawar, melati, anggrek dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat dimanfaat sebagai minuman seperti bunga melati sebagai minuman the melati, dan juga rosella.
Masih banyak lagi manfaat tumbuhan bagi manusia dari berbagai jenis tumbuhan lainnya. Karena banyaknya manfaat yang dapat kita ambil, baik itu untuk hiasan, obat-obatan, untuk dikonsumsi, sebagai pelindung tubuh manusia dan lain sebagainya, maka sebaiknya kita menjaga dan memelihara tumbuhan dengan baik dan benar, agar kita terhindar dari lingkungan yang tidak sehat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar